Jumat, 23 Februari 2024 di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri telah mengadakan Berbagi Praktik Baik Pembelajaran berpusat Pada Murid (PSE Berdiferensiasi dan Restitusi) yang dilaksanakan pada pukul 09.30 sampai selesai.

Kegiatan Praktik baik dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ngadirojo Drs. Warno, M.Pd. dan Narasumber kegiatan Praktik Baik PSE oleh Sri Haryani, S.Sos., dan Deni Setyowati, S.Pd. Beliau merupakan guru di SMP Negeri 1 Ngadirojo. Kegiatan praktik baik ini dihadiri oleh Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 1 Ngadirojo. Ibu Sri Hariyani, S.Pd. menjelaskan tentang Pembelajaran Sosial Dan Emosional yaitu pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional tujuanya memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi dan mindfulness dalam pembelajaran sosial emosional yaitu teknik pembelajaran yang bermanfaat dalam membangun kesadaran penuh, meredakan ketegangan, mengembalikan dan membangun focus murid.  Disebut sebagai teknis stop.

Sedangkan Ibu Deni Setyowati, S.Pd. menjelaskan tentang Pembelajaran Berdeferensiasi yaitu pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh individu dan gaya belajar adalah bagaimana murid memilih memperoleh, memproses dan mengingat informasi baru, Secara umum gaya belajar ada tiga yaitu :visual, audiotori dan kinestetik, sedangkan strategi pembelajaran diferensiasi yaitu : Diferensiasi konten, diferensiasi Proses dan Diferensiasi Produk.dan yang terakhir bu deni menyampaikan tentang RPP Berdeferensiasi yaitu sebuah rencana pembelajaran yang disusun untuk memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan kesiapan belajar, minat belajar dan profil pelajar murid. RPP berdeferensiasi mengandung tiga tahapan yaitu berdeferensiasi konten dan deferensiasi proses yakni mengacu bagaimana murid memaknai tentang materi yang dipelajari dan diferensiasi produk yaitu tagihan apa yang di harapkan dari peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.

By espensa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *